Davidian Today This is the official website of GADSDA

Languages

Social

Global search
Use these syntaxes below to make advanced search
Sentence search: "Ancient David also was a young boy"
AndX search: King David
OrX search: King | David
NotX search: King ! David
Book search
Use these syntaxes below to make advanced search witin books
Reference search: 1tg2: or 1tg2:18 or 1tg2:18.3
Sentence search within book: 1tg2::"Ancient David also was a young boy"
Sentence search within book categories (tracts): tr::"The Jews before Christ’s day"
AndX search within book: 1tg2::King David
OrX search within book: 1tg2::King | David
NotX search within book: 1tg2::King ! David

Surat-Surat Yizreel No. 5

Ditahbiskan oleh Allah, Yizreel (juru bicara Allah) berbicara kepada Ami dan Ruhama yang pada gilirannya akan berbicara kepada ibu (kependetaan)

.

Surat  Jezreel  5

Para pendeta dan anggota yang kekasih:

             Beban surat ini adalah khusus bagimu sebagai pendeta yang tampaknya mengira bahwa saudara dan buku kecil berjudul “A Reply to The Shepherd’s Rod” ( sebuah jawaban kepada tongkat gembala ) telah berhasil membantah ajaran-ajaran yang diajarkan didalam terbitan-terbitan Tongkat Gembala. Saudara tentunya telah tertipu oleh yang disebut orang-orang besar dari buku kecil itu, yaitu yang dianggap  “tua-tua yang berpengalaman”. Kami Ingin saudara mengetahui bahwa mereka itu tidak berhasil membantah apapun, dan berikut ini menyusul fakta-faktanya yang jelas terbuka:

             Karena keseluruhan tugas saudara-saudara itu adalah membantah ajaran-ajaran “Tongkat” mengenai pokok-pokok masalah penuaian dan mereka 144.000 itu, maka kami akan membicarakan sekarang kedua masalah ini secara terbatas. “ A Reply to the Shaperd’s Rod “, halaman 16, mengutip dari buku  Christ’s  Object  Lessons  kata-kata berikut ini :

             “Lalang dan gandum akan bertumbuh  bersama-sama sampai  kepada  penuaian dan penuaian itu ialah akhir dari masa kasihan.” – “Christ Object Lesson”, p.72.

             Dengan kutipan ini para pendeta itu mencoba  membuat kita percaya bahwa penuaian itu terjadi sesudah akhir kesempatan pertobatan! Tetapi mereka tentunya harus tahu, bahwa “Masa Kasihan” bukan berakhir sesudah akhir kesempatan bertobat, melainkan sebelumnya; dan bahwa dengan demikian kutipan itu menempatkan penuaian  sebelum kesempatan bertobat ditutup,  sehingga “akhir dari masa kasihan” itulah yang menyebabkan kesempatan bertobat ditutup.  Karena saudara sebagai pendeta fasih berbahasa Inggris, maka kami terpaksa mengatakan bahwa percobaan saudara untuk membuat dirimu percaya bahwa kutipan itu mengucapkan apa yang tidak dikatakannya, tidak mungkin begitu saja dituduh tidak tahu atau khilaf melainkan sebaliknya adalah penyelewengan yang disengaja,  yang mencoba membantah secara palsu  “Tongkat“ itu lalu dengan demikian membohongi  para anggota  mengenai  pekabaran istimewanya bagi zaman yang penuh cobaan ini. Memang, “tua-tua yang berpengalaman”, tetapi jenis yang bagaimana?

Orang dapat saja membaca seluruh isi buku kecil itu lalu menemukan setiap kutipan yang sedemikian ini telah diputar balikkan dan dikacaukan! Kalau saja mereka belum dapat melihat dengan benar apa yang dikatakan oleh “Christ’s Object Lessons”, maka tentu sekali mereka tidak akan gagal melihat, bahwa kesalahan mereka itu dikoreksi oleh penegasan ilham berikut ini:

             “kemudian aku tampak malaikat yang ketiga itu.Kata malaikat pengiring-Ku, ‘Benar-benar menakutkan pekerjaannya. Mengerikan misinya. Ialah malaikat yang akan memilih gandum dari lalang-lalang, lalu memetraikan, atau mengikat gandum bagi lumbung surga. semua perkara ini hendaknya mengisi  seluruh ingatan, dan seluruh perhatian.’” – “Early Writings”, p.118.

             Kutipan ini pun, saudara-saudari, tidak memerlukan interpretasi apapun. Ia itu juga memberitahukan dengan jelas bahwa penuaian itu mendahului  penutupan kesempatan bertobat, bahwa pekabaran malaikat yang ke tiga akan memetraikan dan juga “memilih gandum dari lalang-lalang.”  Setiap orang Masehi Advent Hri ke Tujuh mengetahui bahwa pekerjaan ini dari malaikat ini adalah dalam masa kasihan ( selama masa penyelamatan ). Disini saudara saksikan bahwa penyucian kaabah kesucian (Daniel 8:14) itu ialah pehukuman bagi orang Hidup, yaitu “pembersihan sidang” ( 5T  80 ), yang akan diselesaikan dengan cara membinasakan “lalang-lalang” dan menyelamatkan “gandum”.  Kemudian seruan keras akan dimulai bersama suatu dinas kependetaan  yang bersih yang diisi dengan Roh Allah. Ini terlihat jelas dari kutipan-kutipan dibawah ini:

             Hanya orang –orang yang telah bertahan melawan dan menang atas cobaan dalam kekuatan dari Yang Maha Kuasa yang akan diizinkan ikut serta dalam memberitakannya ( Pekabaran malaikat yang ketiga ) apabila ia itu kelak berkembang menjadi seruan keras.” – “Review and Herald”, Nov.19,1908.

             “Dengan berpakaian senjata pembenaran Kristus,sidang akan memasuki peperangannya yang terakhir. ‘Indah bagaikan bulan,cerah bagaikan matahari,dan hebat bagaikan suatu bala tentara dengan panji-panjinya’, ia akan pergi keluar keseluruh dunia dengan kemenangan dan untuk memenangkan.” – “Propets and Kings”,p.725.

Tidak ada lagi bahasa yang lebih jelas dari pada ini yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa Seruan keras itu akan disampaikan oleh suatu dinas kependetaan yang murni, dan bahwa sesudah pemisahan atau penyucian ini ( “Testimonies”, Vol.5, pp. 80, 82 ) terlaksana, kemudian baru pekerjaan akan diselesaikan diseluruh dunia, bahwa pada waktu itulah orang-orang suci akan benar-benar dipanggil keluar dari babil untuk masuk kedalam suatu tempat yang tidak berdosa – kedalam sidang yang suci, yaitu bahtera bagi masa ini, satu-satunya tempat dimana bela-bela tidak akan jatuh atasnya.

             Saudara-saudara harapan doa kami adalah agar saudara mau duduk menyibukkan diri dan mempelajari kebenaran tambahan itu (“Early Writings”, p 277 ) agar saudara tidak dibawa kepada tangisan yang pahit: “ penuaian sudah berlalu, musim panas sudah berakhir, tetapi kita belum juga selamat.” Yeremia  8: 20. Kembali saudara melihat, penuaian itu akan jadi pada masa penyelamatan.

             Saudara-saudara janganlah meremehkan kebenaran yang penting ini. Berdirilah dengan tegas membelanya dan persalahkanlah sepenuhnya semua musuhnya jika saudara mau meluputkan diri dari bencana yang sedang datang menghampiri dengan cepatnya, yaitu “ Pehukuman di dalam isi rumah Allah” ( 1 Petrus 4: 17 ) Keadannya menghendaki tindakan sampai kepada akhirnya agar suatu pembangunan dan reformasi  dapat segera terlaksana, supaya jangan kita semua binasa dalam kesesatan Laodikea kita ( Testimonies, Vol.9, p.126.)

             Dengan berbagai pemutar balikan wahyu Ilahi sebagaimana yang diperlihatkan oleh barisan tulisan-tulisan ini, maka saudara sebagai pendeta dapat saja meyakinkan seseorang pembaca yang picik bahwa saudara telah berhasil membantah tongkat Allah itu, namun sejauh yang kami ketahui saudara belum pernah berhasil sedemikian itu meyakinkan seseorang  Davidian yang berfikiran normal, atau seseorang pemikir Masehi Advent Hari ke Tujuh. setiap orang yang berkemampuan berfikir normal dapat membaca keseluruhan isi buku,’A Reply to The Shepherd’s Rod”, dan akan menemukan disana bahwa  ia itu sama sekali bukan  “sebuah jawaban”. Kini jelas terlihat bahwa bukan Sdr.Houteff, melainkan saudara sebagai pendeta  yang sedang salah mengartikan Firman Allah dan sedang menyesatkan para anggota.

Kami akan mengambil sekarang ilmu agama dari Madzab Organisasi yang berkenan dengan pokok masalah mereka 144.000 itu. Saudara sebagai pendeta dengan bangga

mengatakan kepada kami bahwa jumlah keangotaan Madzab Organisasi kini sudah mendekati satu juta orang, dan bahwa ia telah menetapkan target  untuk melipat gandakan jumlah tersebut. Di satu pihak saudara membual tentang pertumbuhannya yang cepat dan dilain pihak saudara mencoba membantah ajaran “Tongkat Gembala”  bahwa rombongan besar dari wahyu 7: 9 itu adalah buah-buah kedua dari penuaian. Oleh peganganmu yang pasti bahwa umat kesucian yang hidup  akan hanya sejumlah kecil, dan oleh bualanmu mengenai pertumbuhan yang cepat dari Madzab Organisasi dan mengenai ratusan ribu anggotanya yang berlipat ganda yang sudah ada didalam sidang,  saudara dengan demikian sedang menciptakan sendiri sebuah paradoks bagi dirimu dan bagi semua simpatisanmu. Di samping ini, saudara juga mengakui bahwa bagian pekerjaan yang terbesar  masih belum selesai – bahwa ada berjuta-juta bahkan di Amerika serikat sendiri yang belum banyak mendengar misalnya nama Masehi Advent Hari ke Tujuh,apalagi “Injil yang kekal itu.” Oleh sebab itu jelaslah, saudara –saudara bahwa pada kecepatan pertumbuhan yang sekarang, apabila pekerjaan selesai dan yesus datang  menjemput sidang-Nya ke tanah yang permai, Pada waktu itulah Madzab Organisasi akan bertumbuh menjadi sekian juta orang.

             Sungguhpun dengan latar belakang ini yang saudara sendiri sebagai pendeta telah membangunnya, namun bertentangan dengan semuanya itu, saudara mengajarkan bahwa apabila yesus datang akan terdapat hanya 144.000 umat kesucian, tidak lebih! Tidakkah saudara sebagai pendeta sedang bigung dan kacau?jika saudara benar-benar meyakini akan teorimu  mengenai mereka  144.000 itu, maka maukah saudara dalam Roh Kristus dan sedikit-dikitnya demi  ke-pentingan jiwaamu sendiri, mengambil klertas dan pensil lalu sesuai dengan itu menghitung presentase orang suci, dan presentase orang-orang jahat, atau lalang-lalang, yang kini membentuk keanggotaan  dari gereja-gereja kita? – karena jumlah keanggotaan mencapai tidak kurang dari 800.000 dan sekiranya terdapat hanya 144.000 umat kesucian didalamnya, maka sesuai dengan angka rasio ini setiap persekutuan yang beranggotakan 100 orang akan terdiri dari kira-kira 18 orang saleh dan 82 orang jahat! dan karena para pegawai sidang yang menyelenggarakan kegiatan gereja–gereja dipilih oleh suara terbanyak, maka dapatkah saudara melihat siapakah yang memilih mereka itu, siapakah yang sedang memegang jabatan, dan siapakah yang sedang menguasai gereja-gereja? adakah saudara heran mengapa perkara-perkara ini demikian jadinya?

Sekiranya benar  bahwa akan ada hanya 144.000 umat kesucian pada waktu Yesus datang, dan sekiranya jumlah keanggotaan akan berlipat ganda pada akhir tahun 1953 atau 1954 sesuai yang direncanakan, maka pada kecepatan itu dalam tahun 1955 sesuai dengan perhitunganmu sendiri, akan terdapat hanya 9 orang suci berbanding 91 orang jahat dalam setiap seratus anggota. sesuai denga itu sekiranya jumlah keanggotaan akan berlipat ganda untuk beberapa kali sebelum Yesus datang menyambut sidang –Nya maka bahkan tidak akan terdapat satu orang sucipun dalam setiap seratus anggota! Sekiranya ini demikian halnya, maka tanyakanlah pada dirimu sendiri kepunyaan siapakah sidang ini? – kepunyaan ibliskah atau kepunyaan Tuhan? Dan dimanakah Ia akan mencarinya apabila Ia datang?

             Kenyataan –kenyataan yang menyedihkan ini berdiri serta menyolok menentang interpretasi-interpretasi pribadimu, pendeta-pendeta, dan juga sebagai alat- alat pembuka mata bagi kawanan dombamu. Oleh sebab itu jika saudara terus menerus mengatakan, bahwa saudara tidak tidur, bahwa interpretasimu terhadap Alkitab tidak dapat dibantah, bahwa saudara telah memiliki semua kebenaran untuk membawa saudara melewati pintu-pintu Gerbang Mutiara, bahwa saudara tidak memerlukan apa-apa lagi, maka tidak ada lagi harapan; saudara sudah terlalu jauh hilang.

             Sungguhpun demikian kami secara pribadi tahu, bahwa ada banyak yang belum sedemikian jauh dibodohi, yang tidak menyembah sujud kepada baal, yang tidak membiarkan diri mereka dirantai pada batu-batu karang, bagaikan domba-domba dan ternak, oleh para pemeras dan oleh para yang disebut “tua-tua yang berpengalaman” yang mengawasi dan menggembalakan kawanan domba Allah disana dengan sekam yang sedemikian rendah mutunya seperti yang dikemukakan disini.

             Bualanmu tentang banyaknya orang-orang bertobat kepunyaan Madzab Organisasi diseluruh dunia pada waktu ini menantang saudara untuk menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berikut ini: Mengapakah saudara sebagai pendeta secara bersorak-sorai membawa masuk orang banyak itu kedalam gereja –gereja jika saudara menyadari dengan pasti bahwa hanya 144.000 dari jumlah besar anggota-anggota sidang akan didapati pantas untuk selamat? mengapakah saudara memberikan mereka harapan  akan sebuah rumah didalam kerajaan jika saudara tahu dengan pasti bahwa mereka tidak akan sampai kesana? Bukankah pengumpulan yang sedemikian ini suatu penyesatan yang terang-terangan dan merupakan usaha terbesar untuk memasukkan ke dalam sidang lalang-lalang yang pernah diketahui, dan bukankah ini merupakan persundalan

yang terburuk mengisi sidang Allah dengan orang-orang jahat? dalam kutipan berikut ini Ilham Selanjutnya memperluas kebenaran ini sebagai berikut:

             “Aku tampak pancaran-pancaran sinar terang dari kota-kota dan kampung-kampung, dari tempat-tempat yang tinggi dan rendah dibumi. Firman Allah telah dipaatuhi, dan sebagai akibatnya terdapat disana peringatan-peringatan bagi-Nya disetiap kota dan kampung. kebenaran-Nya telah diberitakan di seluruh dunia.” – “Testimonies”, Vol.9, p.28.

             Pancaran-pancaran dari kota-kota dan kampung-kampung, dari tempat-tempat yang tinggi dan rendah di bumi, dan “ peringatan-peringatan” disetiap kota dan kampung, menunjukkan suatu rombongan besar orang-orang, bukan hanya 144.000. Bahkan sekiranya bukan terdapat lebih dari satu peringatan di setiap kota dan kampung pun, jumlah mereka akan banyak dari pada 144.000.

             Untuk menutup-nutupi tidur nyenyak yang dipantulkan oleh angka-angka yang disebut didepan, salah seorang pendeta menjelaskan:  “Apabila pekerjaan berakhir “,demikian katanya.”akn terdapat didalam sidang ribuan orang lebih banyak lagi daripada 144.000 umat kesucian tetapi bukannya diubahkan,melainkan jumlah terbesar dari mereka itu akan mati oleh bela-bela atau karena berbagai penyakit menular sebelum Yesus datang, karena mereka kurang cukup baik untuk diubahkan sekalipun cukup sempurna untuk dibangkitkan!”

             Alangkah jelasnya pencelek mata ini bagi para anggota untuk melihat ajaran-ajaran palsu yang mencolok itu!dan betapa besarnya kekuatan kini mendesak saudara sebagai pendeta untuk mengakui tuduhan Kristus,bahwa saudara sebagai “malaikat” dari sidangnya orang-orang Laodikea adalah “tidak terkasihan, dan miskin, dan buta, dan bertelanjang.”wahyu 3:17. Jika Roh kebenaran belum juga dapat meyakinkan saudara sekarang,  maka ia tidak akan pernah lagi dapat meyakinkan saudara. Sungguhpun demikian hikmat pengetahuan berseru agar saudara lebih baik mengakui sekarang kepada para anggota bahwa saudara bersalah mengajarkan kepalsuan, lalu mendengarkan nasihat Tuhan yang berbunyi:

             “Aku menasihatkan kamu supaya membeli kepada-Ku emas yang sudah teruji di dalam api (Kebenaran yang diilhami), agar kamu menjadi kaya; dan pakaian putih, agar kamu dapat berpakaian, dan supaya malu ketelanjanganmu itu tidak tampak; dan supaya menggosok matamu dengan salep mata ( seperti yang sedemikian ini), agar engkau dapat melihat;

Seberapa banyak orang yang Ku kasihi. Aku tegur, dan hajar; oleh sebab itu bersungguh-sungguhlah, dan bertobatlah.” Wahyu 3: 18, 19.

             Saudara saksikan, bagaimana ketelanjanganmu sudah mulai diungkapkan. Demi kepentinganmu segala perkara ini telah ditutup dari pemandangan umum, namun karena saudara kini telah mengejek selengkapnya setiap himbauan dari surga selama dua puluh tahun, maka sekarang saudara menemui hasilnya. Dan jika sekarang saudara tidak menyambut juga ungkapan yang terakhir ini melawan kekejian-kekejian yang ada ditengah-tengahmu, dan menyambut himbauan ini bagi suatu reformasi, maka setiap orang akan tahu, bahwa semua perbuatanmu sebagai pendeta adalah usaha-usaha yang disengaja untuk menyesatkan “ orang-orang pilihan”, mereka 144.000 itu, yang sesuai nubuatan sudah ada didalam sidang.

             Sekiranya saudara bermaksud berbuat sesuatu yang berbeda daripada apa yang saudara sudah perbuat sekarang, maka adalah lebih baik saudara melakukannya sekarang juga. Sekaranglah saatnya untuk menyambut apa yang telah diamarkan oleh  Roh Nubuat sejak dahulu. Jangan lalai membaca “Testimonies”, Vol, 5. p.80; Vol, 3. p. 252. Dan seterusnya.

             Tidaklah semua itu mengejutkan bagimu sebagai pendeta yang dengan sudut mulutmu yang satu mengajarkan semua pertentangan ini, dan dengan sudut mulutmu yang lain menyerukan kepada kawanan dombamu supaya berhati-hati terhadap “Tongkat Gembala itu”  karena ia itu mengajarkan kesalahan! Betapa berlawanan!

Sungguhpun demikian, apa yang benar-benar mengherankan  ialah tidak sedikit, terutama dari para anggota  yang tanpa bertanya  lalu dengan mata tertutup  bagaikan burung-burung di dalam sarang, menelan begitu saja apapun yang disampaikan  kepada mereka oleh para  pendeta mereka yang kacau itu. Inilah justru orang-orang yang mendorong para Pendeta melakukan apa yang sedang dibuatnya sekarang. Orang-orang yang sedemikian ini adalah sangat malas berfikir, dan terlalu mengantuk untuk membuka mata mereka, lalu belajar sendiri. Mereka menaruh harap pada pendeta, untuk menghantarkan mereka dibawah lengannya langsung ke dalam Surga! mereka lupa bahwa setiap orang harus dengan kakinya sendiri sampai kesana.

Tersesatnya mereka itu karena interpretasi-interpretasi alkitab yang dilakukan sendiri ( tidak diilhami ), misalnya seperti yang saudara pendeta ajarkan mengenai mereka 144.000 itu, benar-benar besar. Sekalipun demikian tidak semua mereka itu bodoh; banyak dari mereka sudah menemukan bahwa semua pengacau yang sedemikian ini adalah agen-agen bawah tanah dari kegiatan-kegiatan yang bukan bersifat Adventis. Umat Allah yang sejati tahu bahwa sekalipun Yesus, yang bernama Mikhail itu, datang dalam suatu masa kesusahan besar yang sedemikian belum pernah ada, namun Ia melepaskan setiap orang yang namanya tercatat dalam kitab, dan bahwa semua umat Allah yang pada waktu itu berada di Babil, Dunia, sehingga dengan demikian tunduk dengan bela-bela itu, sekalian mereka dipanggil keluar ( Wahyu 18: 4 ), maka sementara mereka keluar meninggalkannya lalu masuk kedalam sidang Allah yang sudah disucikan mereka itu lepas dari bela-bela itu; tidak seorang pun akan mati karena alasan yang sedemikian. Semua mereka tahu bahwa jika mereka cukup baik untuk bangkit dalam kebangkitan yang pertama, mereka adalah cukup baik untuk diubahkan. Mereka tahu bahwa setandar ukuran selamat tidak lebih rendah bagi orang-orang yang bangkit daripada bagi orang-orang yang diubahkan.

             Para Pendeta yang sudah jauh masuk kedalam kegelapan, jika mereka itu hendak dibantu, maka para anggota harus memaksa mereka untuk benar-benar membuktikan ajran-ajarannya dengan Alkitab; karena ilmu Theologia  yang aneh,  tidak konsisten dan keliru sedemikian ini, pertentangan yang bermutu rendah yang telah direncanakan dengan sengaja untuk memerangi kebenaran, pasti akan menjerumuskan mereka itu berikut para simpatisannya kedalam dasar lubang. Jika mereka terus memerangi “Tongkat”, maka janganlah membiarkan mereka menarik saudara kedalam apapun yang lain, atau kepada pribadi-pribadi, biarkanlah mereka memeranginya dalam apa yang dikatakannya disini.

             Kepada mereka harus ditunjukan bahwa apa yang diajarkan oleh”Tongkat” yaitu terbukti. Kemudian mereka harus dibuat mengerti bahwa panutan mereka kepada para pemimpin yang telah merampas gelar “Tua-tua yang berpengalaman”.Dan yang telah memasukan sidang pada waktu ini dengan lalang-lalang dan kekeliruan dalam tingkat yang tidak lebih rendah daripada yang diperbuat para guru Sanhedrin yang memberontak di zaman Kristus dahulu,akan menghantar mereka berikut para simpatisanya kedalam neraka.

Para pendeta sedsang mengamarkan para anggota supaya jangan membaca”Tongkat”itu melainkan membakarnya,hanya karena mereka bertekad untuk menahan para anggota kedalam kegelapan supaya mereka tidak akan pernah menmukan kesesatanya kedalam mana mereka telah dibawa. Meskipun adanya perintah dari para pendeta. “janganlah kamu”,banyak dari para anggota sudah mulai melihat bahwa sebelum mereka mengeluarkan pandapatnya,dan sebelum mereka mengambil pendirian,lebih baik mereka mememriksa perkara-perkara ini sendiri bagi dirinya.

             Bersyukurlah kepada Allah bahwa mereka 144.000 itu adalah bukan semua umat kesucian yang hidup bahwa mereka itu adalah hanya “buah-buah pertama”(wahyu 14:4)dari penuaian yang besar bahwa mereka itu bukan berasal dari semua bangsa melainkan hanya dari dua belas suku bangsa bani Israel (wahyu 7:4-8)—Buah-buah dari sidang pada permulaan penuaian (pehukuman bagi Orang Hidup). Sungguhpun demikian,rombongan besar yang dilihat Yohanes sesudah pemeteraian mereka 144.000 itu adalah “berasal dari semua bangsa” (wahyu 7:9),yang pada waktu itu diperintah oleh Babil(wahyu 17), dan yang dipanggil keluar daripadanya(wahyu 18:4).Mereka adalah buah-buah kedua.

             Allah hendak memiliki sebuah sidang yang penuh dengan umat kesucian,bukan dengan orang-orang jahat. Tidak seorangpun akan harus mati untuk diselamatkan,melainkan semua dapat hidup untuk dilepaskan oleh berdirinya Mikhail (daniel 12:1).

“Umatmu juga kelak semuanya menjadi benar: mereka akan mempusakai tanah itu untuk selamanya,yaitu cabang dari tanamanKu,hasil buah tanganKu agar Aku dapat dipermuliakan.Sejumlah yang sedikit akan menjadi seibu,dan sesuatu yang kecil akan menjadi suatu bangsa yang besar:Akulah Tuhan akan,mempercepatkannya pada masanya”.Yesaya 60;21,22. Bukankan Injil ini juga mengatakan bahwa akan ada rombongan besar orang-orang yang benar-benar bertobat dan tidak seorang jahatpun ditengah-tengahnya?mengapa membatasi Tuhan?

             Saudara saudari,adalah tugasmu untuk memberitahu dengan jelas dan dengan sopan kepada para pendetamu bahwa sebutan “buah-buah pertama” (wahyu 14:4) pasti mengandung arti bahwa akan terdapat buah-buah kedua,sama seperti halnya sebutan “kebangkitan yang pertama”(wahyu 20:5) secara pasti mengandung arti

bahwa akan ada suatu kebangkitan yang kedua.Beritahukanlah mereka bahwa lebih baik jangan mereka mencampuri urusan Firman Allah. Beritahukanlah mereka bahwa karena Ilham tidak mengatakan bahwa rombongan besar orang banyak itu adalah orang-orang yang dibangkitkan,maka mereka tidak berhak mengatakan bahwa mereka itulah orang-orang yang bangkit. Beritahukanlah mereka bahwa perbuatan mereka menambah kata-kata “buah-buah kedua” yang terkandung oleh sebutan “buah-buah pertama”,adalah benar-benar kesengajaan menambah kepada dan mengurangi dari, Firman Allah (Wahyu 22:18-20).

             Hanya inilah cukup untuk meyakinkan setiap orang Adventis yang terbuka matanya bahwa sidang sekarang berada dilautan “tanpa peta maupun kompas.” Tetapi tidakkah seharusnya kita bersyukur, bahwa “Tongkat” telah menemukan baik peta maupun kompas itu, dan bahwa kita boleh mendapatkan mereka kembali jika kita menghendakinya?

             Para Pendeta, adalah pasti bahwa jika para anggota membiarkan saudara terus berlanjut dengan kebodohan para pemimpin itu, maka saudara akan membuktikan tidak sedikit kehancuran bagi sidang pada waktu ini dari kehancuran yang dibuat para imam yang setia dizaman Kristus dahulu, yang karena kebodohan Sanhedrinnya sendiri telah terbukti adanya kehancuran bagi sidang Wasiat Lama. Memang, benar-benar sebagaimana Allah hidup, maka kebodohan mereka itu, kemauannya sendiri, dan keputusannya yang dianggap bijaksana itu akan membuktikan tidak kurang kehancuran bagi Madzab Organisasi dari perbuatan kebodohan Hitler dan falsafahnya yang palsu membuktikan kehancuran bagi Jerman.

             Adakah saudara sebagai Pendeta menyadari bahwa dalam cemoohanmu yang panjang melawan “Tongkat Gembala”, saudara sama sekali tidak menyinggung masalah-masalahnya tetapi sebaliknya saudara menyombongkan dirimu dari hal target-target yang dibuat dan mengenai orang-orang saleh yang memimpin gereja-gereja? Jadi bagaimanakah hal itu membantah “Tongkat”? Jelaslah bahwa saudaara sebagai Pendeta tidak mengerti bahwa penyombongan diri sedemikian itu dipersalahkan oleh Alkitab ( Yeremia 7: 4 ) Ternyata saudara belum membaca Testimonies, Vol. 5, p.217. sampai kepada hari ini saudara telah berbicara mengenai hal-hal yang umum dan menyebarkan penghinaan tabiat orang, tetapi kini saudara harus membicarakan permasalahannya! Kami yakin bahwa Roh Allah oleh perantaraan para anggota akan menuntut hal ini daripadamu.

Karena sidang sebagai sebuah badan belum pernah semenjak dari permulaan dunia menyambut sebuah pekabaran baru, dan karena dinas kependetaan dalam setiap zaman dan dalam setiap sidang telah memeranginya dengan gigih, maka adalah tidak mengherankan apabila mereka kini sedang melakukan hal yang sama. Oleh sebab itu, maka keputusan saudara sekarang, seperti biasanya, harus sekaliannya merupakan masalah pribadi. Tetapi ingatlah bahwa keputusanmu tidak akan berupa keputusan yang mengkaitkan sesuatu, melainkan yang mengkaitkan Kristus dan kabar pehukuman-Nya bagi penyelamatan dan kebahagiaan Madzab Organisasi Gereja. tetap bertahan didalamnya dan berusahalah agar hasilnya kembali kepada Allah. Ia itu bukan Babil,maka jangan membiarkan mereka mengintimidasi saudara untuk meninggalkannya. Mereka boleh saja mengambil keluar namamu dari buku-buku sidang mereka yang kini telah disusun tak lain hanya untuk menjadi landasan target-targetnya dan kampanye-kampanye pengumpulan uang lainnya, tetapi hanya itulah semuannya yang dapat mereka perbuat. Jika saudara ingin mengetahui mengapa sidang adalah bukan Babil dan apa sebenarnya Babil itu,maka lebih baik saudara mempelajari “Tongkat Gembala” itu.

             Jika saudara yakin akan fakta-fakta yang dikemukakan pada halaman-halaman ini,  dan jika saudara berdoa memoho keampunan dan bmbingan, maka berbahagialah kelak saudara,  dan harapanmu tidak akan sia-sia. Tetapi jika ini gagal membuka matamu, maka harapan apakah yang tersedia bagimu kalau bukan untuk selamanya tinggal didalam kesesatan Laodikeamu lalu menghabiskan masa kekekalanmu didalam rombongan orang-orang yang menyakitkan Tuhan? Nasihat dari Roh bagi penyakit Laodikea itu adalah sebagai berikut: “berdoalah terus menerus. Dalam segala perkara ucapkanlah syukur: karena inilah kehendak Allah dalam Yesus Kristus terhadap saudara. Jangan mematikan Roh itu. Jangan meremehkan ucapan –ucapan nubuatan. periksalah segala perkara; berpeganglah teguh pada mana yang baik.” 1 Tesalonika 5: 17 – 21. Perbuatlah seperti orang-orang bangsawan Barea itu yang “telah menerima Firman dengan segenap kesiapan fikirannya, lalu menyelidiki Alkitab setiap hari apakah semua perkara itu demikian halnya.” Kisah 17: 11. “Ketahuilah dahulu ini bahwa tidak ada satupun nubuatan Alkitab yang berasal dari sesuatu interpretasi sendiri” (2 Petrus 1: 20), bahwa hanya oleh karunia interpretasi Ilahi nubuatan dapat diinterpretasikan. Berhentilah dari semua kegiatan yang tidak bersifat Adventist; kembalilah kepada Allah. Tinggalkanlah semua interpretasi Alkitab yang tidak diilhami

supaya jangan saudara dipimpin bukan oleh Roh dari “semua Kebenaran “, melainkan oleh roh Iblis yang sedang bekerja melalui setiap orang yang melibatkan diri dalam interpretasi-interpretasi Alkitab sendiri yang mengurung dirinya dan orang-orang lain dalam kegelapan dan jauh dari Roh Kebenaran bagi zaman ini. “Berhentilah bergantung pada manusia, yang nafas hidupnya terdapat didalam lubang hidungnya: karena dalam apakah dapat ia dituntut?” ( Yesaya 2: 22 ), melainkan melakukan sesuatu untuk menyelamatkan mereka.

Rekan setiamu bagi suatu Pembangunan dan Reformasi yang sedemikian belum pernah tampak

( 9 T  126 )

Ttd 

V.H. Jezreel, H. B.

(Direktur pergerakan anggota MAHK )

5 T  80, 81.

.

Previous
4SY
Surat-Surat Yizreel No. 4
Next
6SY
Surat-Surat Yizreel No. 6